My Diary of a Life

Kamis, 29 Agustus 2019

Lama tak jumpa!

Hai! Tak terasa ternyata blog ini sudah berumur hampir sepuluh tahun. Tak banyak hal yang aku tulis. Terlalu sibuk kuliah sampai-sampai mager nulis. Ah tidak, mungkin aku terlalu minder dengan orang yang lebih bagus dalam hal menulis. Sebenarnya kesibukan kuliahku tak sebesar anak jurusan lain. Entahlah, lima tahun ini semangatku untuk menulis kian pudar. Selain itu, aku tak bersemangat dalam membaca apapun, berbeda saat maba.

Lima tahun ini, lebih dari lima puluh persen aku habiskan di kampus. Aku ingat saat maba aku sering pulang magrib karena aku ingin menghabiskan waktu di kampus. Entah hanya untuk duduk-duduk sambil memperhatikan gerak-gerik orang di sekitarku, teman-temanku, kakak tingkatku, dosenku, dan lainnya. Setahun terakhir, aku bolak-balik kampus hanya demi menunggu dosen pembimbing. Tak sering juga beliau menolak bertemu denganku dengan ketus karena kesibukannya. Ataupun beliau pergi ke luar kota atau luar negeri. Ataupun selama seminggu beliau tidak masuk ke ruangannya dan sibuk di ruang perpustakaan. Akhirnya, aku melalui itu semua.

Ada kutipan yang kuingat dari JKT48, "kerja keras tak akan mengkhianati". Setelah kulalui dua tahun bertemu dosen pembimbing, aku merasakan makna dari kutipan itu. Dua tahun, melihat teman-teman yang sudah lulus dan bekerja, ataupun menikah, tentu saja membuatku iri. Ada salah satu teman berbagi kutipan di sosial medianya dan intinya, semua orang punya masanya, jadi tak perlu membandingkan kita dengan yang lain. Kutipan itu juga ada dalam salah satu lagu Stray Kids.

조급할 필요 없어 my pace 비교 따윈 하지 마
jogeubhal piryo eopseo my pace bigyo ttawin haji ma
no need to rush, my pace, don't compare

천천히 달려도 괜찮아
cheoncheonhi dallyeodo gwaenchana
it's alright to go slowly

나의 길을 따라 my lane
naye gireul ttara my lane
go on your own path, my lane

급한 맘 내려놔 
geubhan mam naeryeonwa
put down your impatience

앞만 보고 달려가
apman bogo dallyeoga
just keep looking forward

Lyric+Trans : https://colorcodedlyrics.com/2018/08/stray-kids-pace
Song : https://www.youtube.com/watch?v=pok5yDw77uM)

Setahun ini aku menyukai Stray Kids, grup musik asal Korea Selatan karena salah satu lagunya yang bermakna. Inti dari lagunya menurut pandanganku, setiap orang punya pace (kecepatan) yang berbeda dan kita tidak perlu membandingkannya. Untuk mencapai tujuan atau mimpi kita, enggak perlu terburu-buru, tak apa pelan-pelan saja. Tetap fokus, dan berusaha yang sebaik-baiknya. Kata-kata itu cukup mempengaruhiku. Kita terkadang terlalu fokus melihat pencapaian orang lain sampai-sampai lupa dengan apa tujuan kita.

Lima tahun ini aku belajar banyak. Mulai bagaimana mengatur pekerjaan dan waktu berdasarkan prioritas tertinggi, bekerja dengan memprioritaskan realita waktu di atas idealis kesempurnaan pekerjaan, bekerja dalam tim, berani berpendapat, merasakan simulasi sidang di gedung DPR dan atmosfir antara badan eksekutif dan legislatif, menekan rasa sungkan demi kebutuhan pribadi, menempatkan keegoisan dan empati, dan menghargai waktu dengan minimal tidak menunda keperluan dan pekerjaan.

Lima tahun lalu, aku sempat membuat beberapa pencapaian. Mulai student exchange, punya bisnis saat kuliah, lulus di umur 23 tahun, dan lainnya. Setidaknya aku sudah meraih satu pencapaian sesuai kecepatanku. Rasanya cukup lega namun tidak boleh terlena. Masih ada pencapaian-pencapaian berikutnya yang harus diraih. Babak baru sudah dimulai dan aku harus kembali menjalaninya dengan lebih baik dari babak sebelumnya.

0 komentar:

Total Tayangan Halaman